(0295) 4591527Call for Information Update

Pramuka

 

PRAMUKA

Kepramukaan hakikatnya adalah kegiatan dalam proses pendidikan karakter yang menyenangkan dengan prinsip dan metode pramuka. Gerakan Pramuka dengan lambang TUNAS KELAPA di bentuk dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 238 Tahun 1961, tanggal 20 Mei 1961. "Pramuka" merupakan sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka, yang meliputi; Pramuka Siaga (7-10 tahun), Pramuka Penggalang (11-15 tahun), Pramuka Penegak (16-20 tahun) dan Pramuka Pandega (21-25 tahun).

Kegiatan Pramuka di SMPQT AL HAMIDIYAH ini merupakan kegiatan ekstrakurikuler wajib yang dilaksanakan setiap hari sabtu dihalaman sekolah. Dalam latihan pramuka, santri dikenalkan, diajarkan dan dibekali berbagai ilmu pengetahuan tentang kepramukaan. Seperti tali temali, macam-macam sandi, baris berbaris, tata cara berkemah dan niali-niali tanpa harus melupakan dirinya sebagai santri.

Kegiatan pramuka di SMPQT Al Hamidiyah didesign mempunyai nilai lebih. Setiap kegiatan kepramukaan selalu memasukkan nilai-nilai Al-Quran. Seperti contoh dalam 10 point Dhasa Darma selalu diikuti implementasi nilai-nilai Al-Qur’an, sehingga santri selalu menjadikan Al-Qur’an sebagai dasar dari segala ilmu pengetahuan, seperti dalam ilmu kepramukaan.

 


Back to Top